Ronny Respon Positif Dana Desa Rp 5 Miliar

Florensius Ronny 

SINTANG- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny merespon positif penambahan dana desa menjadi Rp 5 miliar perdesa. Jika terwujud ia berharap agar dana tersebut dapat dioptimalkan untuk proyek-proyek yang bermanfaat dan memberdayakan masyarakat di tingkat desa. 

Keputusan ini dianggap sebagai langkah positif dalam mendukung pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Saya secara pribadi setuju kalau dana desa menjadi Rp 5 miliar perdesa. Karena kita melihat anggaran desa ini langsung dirasakan oleh masyarakat desa,” ucap Ronny usai menghadiri Pelantikan DPC APDESI di Pendopo Bupati Sintang, Kamis 23 November 2023.

Menurut Ronny penambahan Dana Desa akan berdampak terhadap peningkatan daya beli masyarakat desa. 

“Prinsip ekonomi nya begini, keuangan tersebut berputar berada langsung di lingkungan masyarakat desa, maka ini akan menambah daya beli masyarakat. Hal ini menambah daya beli ini juga salah satu untuk menjaga kestabilan ekonomi dan mencegah inflasi yang ada di daerah khususnya masyarakat desa,” ungkap Ronny.

“Saya pikir secara pribadi saya setuju penambahan dana desa ini dengan catatan dibarengi dengan pengawasan dan pembinaan lebih optimal,” tambah Ronny.

"Pentingnya Pengawasan: DPRD Menyuarakan Pendapat Bahwa Penambahan Dana Desa Harus Disertai dengan Mekanisme Pengawasan yang Efektif"

Ronny menekankan bahwa setiap peningkatan alokasi dana harus diiringi dengan perkuatan mekanisme pengawasan yang efektif, baik dari pemerintah daerah, Inspektorat, maupun partisipasi aktif masyarakat. 

“Dengan demikian, diharapkan penambahan dana desa tidak hanya mendorong pembangunan, tetapi juga memastikan bahwa pengelolaan dana dilakukan secara transparan dan sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik. Tapi ini kan masih wacana, kewenangan nya di pemerintah pusat tapi secara pribadi saya setuju,” ucap Ronny.

Posting Komentar

0 Komentar