Ketua DPRD Sintang Harap APDESI Mampu Bawa Desa Berkembang Lebih Baik

Florensius Ronny 

SINTANG- Ketua  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny hadir dalam pelantikan Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Pemerintah desa seluruh Indonesia (APDESI) di Pendopo Bupati Sintang, Kamis 23 November 2023.

Dia menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus APDESI Kabupaten Sintang masa bakti 2023-2028. Dan berharap APDESI bisa menjadi pendorong kemajuan desa.

“ Semoga di bawah kepemimpinan kepengurusan yang baru ini APDESI Kabupaten Sintang selalu maju dan jaya sehingga membawa kemajuan bagi desa nya masing masing,” ucap Ronny.

Ronny berharap kepala desa di Kabupaten Sintang di bawah naungan APDESI bisa membawa perubahan yang baik bagi desanya.

“Intinya bagaimana menjadikan desa yang tertinggal naik menjadi berkembang dan mandiri,” kata Ronny.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Sungai Tebelian, Dedai dan Kelam Permai ini juga menyoroti susunan kepengurusan APDESI Kabupaten Sintang periode 2023-2028. Ronny menilai sangat bagus. 

“Saya lihat ini sangat baik melibatkan Kejaksaan, Polres kemudian DPRD dalam struktur pembinaan APDESI itu sendiri. Saya pikir ini baik di mana nanti teman teman APDESI bisa berkoordinasi dengan baik dengan seluruh stakeholder terutama teman teman Forkopimda yang ada di Kabupaten Sintang,” ujarnya. 

Anggota APDESI ke depan bisa meminta bimbingan dan pelatihan bagi anggotanya dengan melibatkan Inspektorat, Aparat penegak hukum maupun Kejaksaan. Terkait suntikan pemahaman tentang penyelenggaraan pemerintahan desa dan pengelolaan keuangan dana desa.

Ronny menilai ini penting sebagai upaya Bersama mencegah potensi Penyalahgunaan dana desa.

“Kerja sama antara Kepala Desa dan Inspektorat, Kejaksaan dan penegak hukum ini penting mencegah potensi penyalahgunaan Dana Desa. Koordinasi yang baik diharapkan dapat memperkuat kontrol internal, meningkatkan transparansi, dan menghindari kemungkinan praktik yang merugikan masyarakat. Baik itu mulai dari pengelolaan dana desa nya  agar sesuai dengan peraturan peraturan yang mengatur tentang pengelolaan keuangan desa,” jelas Ronny.

Posting Komentar

0 Komentar