DPRD Sintang Gelar Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses Ke-3

Romeo

SINTANG- DPRD Kabupaten Sintang menggelar Rapat Paripurna ke-18 Masa Persidangan III Tahun 2023 di Ruang Sidang Utama DPRD pada Senin 27 November 2023.

Paripurna internal ini dalam rangka Penyampaian Laporan Hasil Kegiatan Reses Ke-3 Tahun Anggaran 2023.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Ronny.

Ronny mengatakan pelaksanaan Reses DPRD Sintang ditetapkan selama 6 hari mulai pada tanggal 21 hingga 26 November 2023. 

"Untuk itu berdasarkan norma hukumnya, sebagaimana telah diatur dalam tata tertib DPRD Kabupaten Sintang dinyatakan kegiatan reses anggota DPRD Kabupaten Sintang dilaksanakan paling lama 6 hari kerja dalam satu kali reses secara perorangan atau kelompok," ujar Ronny.

Ronny menegaskan hasil pelaksanaan reses wajib dilaporkan kepada pimpinan dewan dalam rapat paripurna. Anggota dewan yang tidak melaksanakan dan melaporkan hasil reses tidak dapat melaksanakan Reses berikutnya. 

"Itu konsekuensi hukumnya. Maka seharusnya ini menjadi komitmen kita bersama untuk melaksanakan kegiatan reses sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah," ungkap Ronny.

Ronny mengatakan bahwa proses penyusunan anggaran pada tahun berikutnya melalui e-planning and e-budgeting dengan program Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD). Setiap program dan kegiatan disusun berdasarkan hasil kegiatan Reses DPRD yang selanjutnya menjadi daftar panjang pokok-pokok pikiran yang termuat dalam dokumen rancangan KUA  dan rancangan PPAS.

"Dengan demikian untuk mendapatkan bahan data dan masukan terhadap hasil kegiatan Reses Ke-3 anggota DPRD Kabupaten Sintang tahun 2023 harus disampaikan kepada pimpinan melalui forum paripurna," jelas Ronny.

Laporan hasil Reses dihimpun menjadi satu melalui masing-masing fraksi kemudian disampaikan dalam forum Paripurna melalui juru bicara masing-masing fraksi. Laporan hasil reses anggota DPRD Kabupaten Sintang Fraksi Nasdem dibacakan oleh Romeo, Fraksi PDIP oleh Kuet Sung, Fraksi Hanura oleh Lim Hie Soen, Fraksi Geridra oleh Ardi, Fraksi Golkar oleh Toni, Fraksi  Demokrat oleh Mainar Puspa Sari dan Fraksi Amanat Persatuan oleh Anton Isdianto.


Posting Komentar

0 Komentar